Laman

Minggu, 22 Mei 2016

Penyebab Penyakit Kurap, Gejala dan Cara Mencegahnya

Penyebab Penyakit Kurap, Gejala dan Cara Mencegahnya - Penyakit kulit ini merupakan penyakit menular dengan cara bersentuhan secara langsung dengan penderita atau penularannya dapat melalui non-kontak fisik dengan cara penggunaan barang-barang pribadi penderita seperti menggunakan handuk si penderita, masa infeksi kadas hingga terjadi penyakit hanya beberapa hari.  Jenis jamur kulit ini dapat tumbuh pada permukaan kulit yang lembab atau mana saja seperti pada kepala, lipat paha (selangkangan), kuku, lipat lengan, atau kaki. Penyebab kadas atau kurap ini dikarenakan pertumbuhan jamur tersebut  yang berasal dari kurangnya menjaga kebersihan tubuh dan kontak secara langsung dengan penderita atau menggunakan barang miliki pribadi penderita seperti penggunaan handuk.

Penyebab Penyakit Kurap, Gejala dan Cara Mencegahnya


Gejala dan ciri-ciri kadas atau kurap adalah sebagai berikut :
  1. Adanya bercak merah terasa gatal berbentuk meluas umumnya sebuah lingkaran
  2. Terasa sangat gatal jika sedang berkeringat dan panas pada daerah yang akan tumbuh kadas atau kurap
  3. Kulit bersisik dan mengalami penebalan berbentuk lingkaran
  4. Jika terdapat pada kepala ditandai dengan bercak-bercak dan berakhir kebotakan
  5. Jika terdapat pada kuku akan mengalami penebalan kuku dan merusak jaringan kuku yang berakibat kuku akan lepas
  6. Terjadinya peradangan kulit jika digaruk akan memerah dan justeru membuatnya semakin melebar



Kelembaban
Penyebab Penyakit Kurap, Gejala dan Cara Mencegahnya - Kada pada arena yang di serang jamur penyakit kulit seperti di atas merupakan akibat dari kondisi kulit kita yang lembab. Kelembaban ini terjadi bisa karena banyak hal misalnya keringat atau pun suhu bagian dalam kulit yang tinggi. Biasanya sih, bagian lembab ini sering terdapat pada bagian selangkangan atau merupakan tempat yang sudah akrab sekali dengan infeksi jamur ini. Mungkin karena pada area ini pakaian yang kita pakai khususnya celana mengalami penguapan. Apalagi bila celana yang kita pakai ketat. Ini sangat cepat sekali memicu di serangnya jamur pada arena ini. Sangat tidak di sarankan terlalu bagi anda untuk sering mengenakan celana ketat, apalagi di waktu beristrihat tidur malam.

Tertular
Kadang kita tidak menyadari bersinggungan kulit secara langsung dengan orang yang mengalami penyakit kulit lebih khususnya panu juga dapat memicu perpindahan jamur pada area awal berpindah kepada kulit anda. Mungkin banyak hal yang sering tidak kita sadari, meskipun kita sudah berusaha berpola hidup bersih dan sehat kita juga tetap mengalami masalah kulit seperti di atas. Biasanya pada arena umun seperti kolam renang juga dapat menyebabkan penyebaran jamur ini secara cepat.

Pakaian
Penyebab Penyakit Kurap, Gejala dan Cara Mencegahnya - Pakaian adalah hal yang paling riskan yang dapat menyebabkan infeksi jamur penyakit kulit ini menyerang kita. Kebiasan memakai pakain yang sudah terkena keringat juga dapat menyebabkan timbulnya infeksi jamur ini. Ini sering kali terjadi pada pakain dalam khususnya. Setidaknya dan sedikit tips mengganti pakain dalam seharusnya minimal sehari sekali, pakaian dalam apa saja itu khususnya. Ini banyak sekali di abaikan karena biasanya pakaian tersebut masi di anggap bersih.

Pola Hidup Tidak Sehat
Biasakan menjaga pola hidup sehat, baik dari segi pakaian, tempat maupun hal-hal yang berkenaan dengan organ tubuh kita. Hindari sebisa mungkin menggunakan peralatan-peralatan yang tidak bersih khususnya yang berkenaan dengan kulit kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar